MAKALAH PRINSIP KERJA ALAT UKUR INDUKSI

Assalamu Alaikum.Wr. Wb.
ALLO--IT__MAKALAH PRINSIP KERJA ALAT UKUR INDUKSI

ALLO--IT__MAKALAH PRINSIP KERJA ALAT UKUR INDUKSI >>> Hari ini gan baru ada kesempatan untukngupdate-in blog ana' dengan judul MAKALAH PRINSIP KERJA ALAT UKUR INDUKSI, untuk para pencari tugas MAKALAH PRINSIP KERJA ALAT UKUR INDUKSI untuk di sarahin pada guru ente, nach ini nich MAKALAH PRINSIP KERJA ALAT UKUR INDUKSI untuk ente silahkan lanjut bacanya dan di sedot.




ALLO--IT__MAKALAH PRINSIP KERJA ALAT UKUR INDUKSI >>>Prinsip kerja alat ukur induksi ini dipengaruhi adannya torsi yang terjadi karena adanya reaksi antara fluks magnetis yang magnitudenya tergantung pada arus atau tegangan yang diukur serta tergantung pada arus eddy atau arus putar yang terinduksi pada piringan atau silinder metal oleh fluks magnet yang lain.Alat ukur induksi mempunyai kelebihan yaitu sistem perputarannya yang sederhana tapi kokoh, sudut penunjukkannya lebar karena penyimpangan untuk skala penuh dapat melebihi 2000 serta tidak banyak dipengaruhi medan eksternal. Akan tetapi kelemahan alat ukur ini terbatas penggunaannya pada arus bolak-balik, biasanya hanya dipergunakan pada panel-panel listrik serta mengkonsumsi daya yang cukup banyak.
Apabila kedua fluks yang dihasilkan oleh listrik bolak-balik yang diukur sama dengan harga  tertentu, torsi sebanding dengan kuadrat arus. Jika piringan mempunyai kontrol pegas, piringan akan mencapai posisi simpangan stabil waktu torsi kontrol sama dengan torsi penyimpang.

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR6VuHhYM1qj3zrkQZuvGTGI_1Wh1xckBoV1tQbPXVxf-BHKcLR1gAmmeter induksi terbagi menjadi tiga jenis yaitu:
1. Alat ukur piringan dengan kumparan fase belah, jenis silinder dengan kumparan fase-belah
2. Alat ukur jenis silinder dengan kumparn fase- belah
3. Ammeter induksi kutub bayangan

1.      Alat ukur piringan dengan kumparan fase belah (ferraris type)

Pada dasarnya beda fase diperoleh dengan cara menambahkan tahanan shunt pada salah satu rangkaian kutubnya (gambar 19). Kumparan pada dua magnet yang berlapis-lapis P1 dan P2 dihubungkan secara seri. Kumparan P2 dihubungkan paralel dengan tahanan R sehingga kumparan ketinggalan arus total. Sudut pergeseran fase a yang dihasilkan fluks magnet dan  oleh P1 dan P2 yang diperlukan adalah . Apabila histerisis diabaikan, maka masing-masing fluks magnet sebanding dengan arus yang diukur yaitu I  

Jika anda ingin mendownload filenya klik di sini        
 

0 Response to "MAKALAH PRINSIP KERJA ALAT UKUR INDUKSI"