MAKALAH BUTIR-BUTIR TATA SUSILA HINDU ( SUBHA KARMA )

Assalamu Alaikum.Wr. Wb.
ALLO--IT__MAKALAH BUTIR-BUTIR TATA SUSILA HINDU

ALLO--IT__MAKALAH BUTIR-BUTIR TATA SUSILA HINDU >>> Hari ini gan baru ada kesempatan untukngupdate-in blog ana' dengan judul MAKALAH BUTIR-BUTIR TATA SUSILA HINDU, untuk para pencari tugas MAKALAH BUTIR-BUTIR TATA SUSILA HINDU untuk di sarahin pada guru ente, nach ini nich MAKALAH BUTIR-BUTIR TATA SUSILA HINDU untuk ente silahkan lanjut bacanya dan di sedot.




ALLO--IT__MAKALAH BUTIR-BUTIR TATA SUSILA HINDU >>>  Subha Karma berarti perbuatan yang baik. Subha karma adalah sumber dari kesusilaan, yaitu segala tingkah laku yang baik dan mulia yang selaras dengan ketentuan Dharma Bentuk-bentuk perbuatan yang tergolong Subha Karma, sesuai dengan dharma dimaksud dan disebutkan dalam ajaran agama Hindu, dapat dijabarkan ke dalam beberapa hal Hal-hal yang dapat digolongkan ke dalam Subha Karma adalah Tri kaya pari sudha artinya tiga gerak perilaku manusia yang harus disucikan, yaitu berpikir yang bersih dan suci (Manacika), berkata yang benar (Wacika) dan berbuat yang jujur (Kayika). Dari tiap arti kata di dalamnya, Tri berarti tiga; Kaya bararti Karya atau perbuatan atau kerja atau prilaku; sedangkan Parisudha berarti "upaya penyucian".Jadi "Trikaya-Parisudha berarti "upaya pembersihan/penyucian atas tiga perbuatan atau prilaku kita".
Inilah tindakan yang harus diprioritaskan, karena pada dasarnya semua hal bermula disini. Ia menjadi dasar dari prilaku kita yang lainnya (perkataan dan perbuatan); dari pikiran yang murni akan terpantul serta terpancarkan sinar yang menyejukan orang-orang disekitar kita, sebaliknya pikiran keruh akan meruwetkan segala urusan kita, walaupun sebenarnya tak perlu seruwet itu. Tentu ruwet tidaknya suatu permasalahan, amat tergantung padacara kita memandang serta cara kita menyikapinya. Bila pandangan kita sempit dan gelap, semuanya akan menjadi sumpek dan pengap. Sebaliknya bila pandangan kita terang, segala hal akan tampak jelas sejelas-jelasnya. Ibarat mengenakan kacamata, penampakan yang diterima oleh mata amat tergantung pada kebersihan, warna bahan lensanya, serta kecangihan dari bahan lensanya. Jadi, apapun adanya suatu keberadaan, memberikan pancaran objektif bagi kita, namun kita umumnya tidak dapat menangkapnya dengan objektif. Pandangan kotor akan menampakkan objek kotor dan tidak murni dimata kita. Apabila cara pandang serupa itu kita gunakan memandang berbagai fenomena hidup dan kehidupan, tentu hidup kita menjadi ruwet, menimbulkan duka-nestapa, serta berbagai kondisi-kondisi pikiran negatif. Hal inilah yang terjadi dalam pikiran kita. Pikiran kita menjadi kotor dan suram pandangan kita sendiri. Untuk itu hanya kita sendiri yang dapat membersihkannya. Hal ini dalam Hindu disebutkan :"tak ada makhluk dari alam manapun yang dapat menyucikan batin kita, apabila kita sendiri tidak bergerak dan berupaya kearah itu, terlebih benda-benda materi, tentu tak mungkin menyucikan siapa-siapa". Untuk menyucikan pikiran, perlu memperbaiki pandangan terlebih dahulu. Untuk memperbaiki pandangan, diperlukan pemahaman yang baik dan mencukupi tentang falsafah ajaran agana yang dapat dipelajari dari kitab suci dan bimbingan guru. Melalui hal tersebut, banyak kegelapan dan kegalauan batin kita menjadi sirna, terbitnya cahaya terang dalam batin melalui bimbingan beliau, membantu mempercepat proses menuju tujuan akhir.


DOWNLOAD FILENYA DI SINI

0 Response to "MAKALAH BUTIR-BUTIR TATA SUSILA HINDU ( SUBHA KARMA )"