Tutorial Cara Mengetik 10 Jari Dengan Typing

udah lama nih gx posting2,posting dulu ah,....

kali ini postingan saya sedikit teringat tentang masa lalu sih,tapi asik juga untuk si ceritakan....

Saya tiba-tiba teringat pesan sahab terbaik saya yaitu mas joko atau sering di sebut OJEL  agar supaya menguasai  tehnik typing 10 jari .kembali waktu pertama menyentuhkan jari jemari ke keyboard, terasa asyik dan menakjubkan. Saya yang biasa hidup di kampung, belum pernah menyentuh komputer tiba-tiba diberikan kebebasan untuk memakai semua komputer yang ada di lab pada tempat saya bekerja. Pada saat sekolah SMA, saya ingin sekali memegang komputer, sekedar menyentuh saja, tapi itupun tidak kesampaian. Suatu hari ada teman saya yang datang ke rumah membawa disket dan dia sungguh berbangga dengan kursus baru yang diikutinya, kursus komputer! Disket yang dibawapun pada saat itu adalah disket berukuran besar, yang sangat-sangat lentur, yang pada saat ini sudah tidak dipakai sama sekali dan telah digantikan olah flashdisk.


Terbawa kebiasaan lama dalam mengetik menggunakan mesin ketik, saya mempunyai jurus andalan dalam mengetik yaitu jurus sebelas jari! Kedengarannya lebih ampuh dari 10 jari, benarkah? :D

Teknik mengetik 11 jari adalah teknik mengetik menggunakan dua jari telunjuk saja, sehingga menyerupai angka 11. Ini adalah teknik terbanyak yang digunakan oleh para pemula bidang komputer. Namun apabila anda serius menekuni komputer, saran saya gunakanlah teknik 10 jari, yaitu menggunakan semua jari tangan anda untuk mengetik.


Pada awal saya belajar teknik 10 jari saya merasakan kesulitan yang sangat, karena baru di umur 17 tahun keatas baru memegang keyboard komputer untuk pertama kalinya, bisa dibayangkan orang kampung yang biasa memegang cangkul dan sabit harus mencoba menggunakan keyboard untuk mengetik.

Belajar teknik 10 jari ini saya paksakan, dan setiap hari saya latih dengan program Typing Master dan juga program mengetik 10 jari lainnya. Saya merasakan agak ada kemajuan, namun begitu turun ke lapangan mengetik naskah saya masih merasakan kendala.

Sampai akhirnya saya harus bekerja di rental komputer yang mana menerima jasa pengetikan serta pengeditan, maka saya terpaksa harus mengetik sebanyak-banyaknya. Kalau dihitung mungkin sudah triliunan karakter yang saya hasilkan dari jari jemari lentik ini mengetik di keyboard.

Pengalaman mengetik bahasa yang kita ketahui dan yang tidak kita ketahui rupanya berbeda. Saya masih merasa lambat apabila mengetik dalam bahasa Inggris, ini saya rasakan apabila membandingkan dengan bahasa lain  yang saya pahami seperti bahasa Indonesia. Jadi nampaknya ada pengaruh kerja otak kita dengan keserasian jari jemari dalam mengetikkan apa yang terpikir di otak dan tertulis di layar monitor melalui tuts keyboard.



Tombol

yang ditekan Jari

yang digunakan

1

q a z t CapsLock Tab jari

kelingking di tangan kiri,

huruf kapital tekan Shift sebelah kanan

2

w s x jari

manis di tangan kiri,

huruf kapital tekan Shift sebelah kanan

3

e d c jari

tengah di tangan kiri,

huruf kapital tekan Shift sebelah kanan

4

5 r t f g v b jari

telunjuk di tangan kiri,

huruf kapital tekan Shift sebelah kanan

6

7 y u h j n m jari

telunjuk di tangan kanan,

huruf kapital tekan Shift sebelah kiri

8

i k , jari

tengah di tangan kanan, ,

huruf kapital tekan Shift sebelah kiri

9

o l . jari

manis di tangan kanan, ,

huruf kapital tekan Shift sebelah kiri

0

p ; / ’ Enter jari

kelingking di tangan kanan, ,

huruf kapital tekan Shift sebelah kiri

Spasi jari

jempol, terserah pakai tangan sebelah kiri atau kanan

~

! jari

kelingking di tangan kiri + RightShift

@ jari

manis di tangan kiri + RightShift

# jari

tengah di tangan kiri + RightShift

$

% jari

telunjuk di tangan kiri + LeftShift

^

& jari

telunjuk di tangan kanan + Left Shift

* jari

tengah di tangan kanan + LeftShift

( jari

manis di tangan kanan + LeftShift

)

- + jari

kelingking di tangan kanan + LeftShift


selamat mencoba

Semoga sukses....

0 Response to "Tutorial Cara Mengetik 10 Jari Dengan Typing"