MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN

Assalamu Alaikum. Wr. Wb.
ALLO--IT__MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN

<>---ALLO--IT__MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN---<> Hari ini gan baru ada kesempatan untuk ngupdate-in blog ana' dengan judul MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN, untuk para pencari tugas MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN untuk di sarahin pada guru ente, nach ini nich MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN untuk ente silahkan lanjut bacanya dan di sedot.




<>---ALLO--IT__MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN---<> Peradaban adalah bagian dari kebudayaan yang halus dan indah.seperti seni. Istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan. Dengan batasan-batasan pengertian di atas maka istilah peradaban sering dipakai untuk hasil-hasil kebudayaan seperti: kesenian, ilmu pengetahuan dan teknologi, adat sopan santun serta pergaulan. Selain itu juga kepandaian menulis, organisasi bernegara serta masyarakat kota yang maju dan kompleks. Damono, 2001 menyatakan Adab berarti akhlak atau kesopanan dan kehalusan budi pekerti.

Fairchild, 1980:41, menyatakan peradaban adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya. Kontjaranigrat (1990 : 182) menyatakan peradaban untuk menyebut bagian dan unsur kebudayaan yang halus, maju, dan indah seperti misalnya kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan, kebudayaan yang mempunyai system teknologi dan masyarakat kota yang maju dan kompleks. Ibnu Khaldun (1332-1406 M) melihat peradaban sebagai organisasi sosial manusia, kelanjutan dari proses tamaddun (semacam urbanisasi), lewat ashabiyah (group feeling), merupakan keseluruhan kompleksitas produk pikiran kelompok manusia yang mengatasi negara, ras, suku, atau agama, yang membedakannya dari yang lain, tetapi tidak monolitik dengan sendirinya. Pendekatan terhadap peradaban bisa dilakukan dengan menggunakan organisasi sosial, kebudayaan, cara berkehidupan yang sudah maju, termasuk system IPTEK dan pemerintahannya.

Pengertian Manusia, Kebudayaan dan Peradaban Manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna yang terdiri daritubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh, yang memiliki perasaan indrawi dan perasaan rohani.Kebudayaan berasal dari bahasa Latin “colere” yang artinya mengolah,mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan, atau segala daya dan aktivitasmanusia untuk mengolah dan mengubah alam. Sedangkan ditinjau dari sudut bahasaIndonesia, kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta “buddhayah”, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal.

DOWNLOAD FILENYA DI SINI

0 Response to "MAKALAH MANUSIA DAN PERADABAN"