Cropping ke Ukuran Standar Cetak dalam photoshop

Sebelum mencetak photo kita harus tau ukuran photo yang ingin dicetak. Terlebih dahulu kita harus memotong atau meng-crop photo yang akang kita cetak.
Ok, terlebih dahulu saya akan memberikan jenis ukuran-ukuran yang digunakan pada percetakan photo, baik yang klasik samapi yang modern. Saya akan mencantumkan ukuran cetak photo dari 3R hingga 12R.

Jenis Ukuran :
3R = 9 x 12,7 cm
4R = 10 x 15 cm
5R = 12,7 x 17,8 cm
8R = 20 x 25 cm
10R = 25 x 30 cm
12R x 30 x 40 cm

Sekarang saya akan memberikan contoh dalam meng-crop photo :
1. Sebelum meng-crop photo, ada baiknya kita memperhatikan tabel standar ukuran cetak photo yang telah saya cantumkan diatas.

2. Buka Photo yang ingin di crop.


3. Pilih Crop Tool yang ada di toolbox, atau tekan tombol C pada keyboard.


4. Pada panel Options yang ada diatas, ketikan angka/ukuran photo yang ingin kita crop. contoh : saya menggunakan ukuran photo 3R, ketikkan 9 cm pada kotak Width dan 12,7 cm pada kotak Height, pada kotak Resolution, ketikkan 300 dan pilih pixel/inch.
Agar hasil cetakan tidak pecah, disarankan untuk menggunkan resolusi antara 180 - 300 pixel/inch.


5. Tarik mouse pada photo yang ingin di crop, kemudian klik Commit atau tekan Enter pada keyboard untuk meng-crop photo tersebut.



dari berbagai sumber

0 Response to "Cropping ke Ukuran Standar Cetak dalam photoshop"