Makalah Dasar PengukuranTekanan

 Assalamu Alaikum.Wr. Wb.
ALLO--IT__Makalah Dasar PengukuranTekanan

ALLO--IT__Makalah Dasar PengukuranTekanan >>> >>> >>>Hari ini gan baru ada kesempatan untukngupdate-in blog ana' dengan judul Makalah Dasar PengukuranTekanan, untuk para pencari tugas Makalah Dasar PengukuranTekanan untuk di sarahin pada guru ente, nach ini nich Makalah Dasar PengukuranTekanan untuk ente silahkan lanjut bacanya dan di sedot.




ALLO--IT__Makalah Dasar PengukuranTekanan >>>Tekanan sebenarnya adalah pengukuran gaya yang bekerja pada permukaan bidang. Tekanan didefinisikan sebagai gaya per satuan luas, dan dapat diukur dalam unit seperti psi (pound per inci persegi), inci air, milimeter merkuri, pascal (Pa, atau N/m²) atau bar. Sampai pengenalan unit SI, yang ‘bar’ cukup umum. Bar setara dengan 100.000 N/m², yang merupakan satuan SI untuk pengukuran. Untuk menyederhanakan unit, N/m² diadopsi dengan nama Pascal, disingkat Tekanan Pa cukup sering diukur dalam kilopascal (kPa), yang adalah 1000 pascal dan setara dengan 0.145psi. Satuan pengukuran yang baik dalam pound per square inch (PSI) di British unit atau pascal (Pa) dalam metrik.
A.     Macam – Macam Tekanan
1. Absolute Pressure (tekanan absolut)
Gaya yang bekerja pada satuan luas, tekanan ini dinyatakan dan diukur terhadap tekanan NOL.
Tekanan absolut = Tekanan gauge + Tekanan atmosfer
2. Gauge Pressure (tekanan relatif)
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcREM2I-7Y7hi0M9H1hRI33s8inZxhOKMj7u30caLkCgZOHjGUnlckl6rig
Tekanan yang dinyatakan dan diukur relatif terhadap tekanan atmosfer. Jadi tekanan relatif adalah selisih antara tekanan absolute dengan tekanan atmosfer (1 atmosfer = 760 mmHg = 14.7 psia)
3. Vacum Pressure (tekanan hampa)
Tekanan yang lebih rendah dari tekanan atmosfer
4. Differential Pressure (tekanan differential)
Tekanan yang diukur terhadap tekanan yang lain.

Mayoritas pengukuran tekanan di pabrik adalah gauge. Mutlak pengukuran cenderung digunakan di mana di bawah tekanan atmosfir. Biasanya ini adalah sekitar vakum kondensor dan bangunan.

2.3 Jenis Alat Ukur Tekanan
2.3.1 Manometer
Untuk mengukur tekanan udara tertutup.
Manometer adalah alat ukur tekanan dan manometer tertua adalah manometer kolom cairan. Alat ukur ini sangat sederhana, pengamatan dapat dilakukan langsung dan cukup teliti pada beberapa daerah pengukuran. Manometer kolom cairan biasanya digunakan untuk pengukuran tekanan yang tidak terlalu tinggi (mendekati tekanan atmosfir).

0 Response to "Makalah Dasar PengukuranTekanan"