PROPOSAL PENGADAAN KITAB PERPUSTAKAAN PONDOK PESANTREN BESUK BESUK KEJAYAN PASURUAN


1.      LATAR BELAKANG

Sistem pendidikan Pondok Pesantren diakui sebagai sistem pendidikan yang memiliki sejarah yang panjang di negeri ini. Sejarah perkembangan Pondok Pesantren tidak dapat dipisahkan dari sejarah perkembangan Islam di wilayah Nusantara, bahkan Sejarah pendidikan di Indonesia mencatat, bahwa pondok pesantren adalah bentuk lembaga pendidikan pribumi tertua di Indonesia. Dan genealogi sistem pendidikan Pondok Pesantren dapat ditelusuri dari masa sebelum masuknya Islam di Indonesia.

Dari masa ke masa, Pondok Pesantren yang berfungsi sebagai pusat pengajaran ilmu-ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin) telah banyak melahirkan Ulama', tokoh masyarakat, muballigh, dan guru agama yang sangat dibutuhkan masyarakat. Hingga kini, Pondok Pesantren baik yang bertipe khalafiyah maupun salafiyah tetap konsisten melaksanakan fungsinya dengan baik, bahkan sebagian telah mengembangkan fungsi dan perannya sebagai pusat pengembangan masyarakat. Diakui atau tidak, Pondok Pesantren kini telah menjadi  inti kekuatan Islam itu sendiri. Akan tetapi, bila dilihat dari tantangan global yang dihadapi bangsa, serta bila dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, bahkan dengan negara Asia dan ASEAN sekalipun, Saat ini kondisi pendidikan di Indonesia sangat mem­prihatinkan. The Jakarta Post, edisi 3 September 2001 mempublikasikan hasil survey PERC (The Political and Economic Risk Consultancy) yang bermarkas di Hongkong. Hasil survey tersebut men­ceminkan betapa rendahnya kualitas pendidikan kita saat ini dibandingkan dengan negera-negara lain.

Melihat rendahnya kwalitas pendidikan sebagaimana keterangan di atas, serta untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan, dibutuhkan SDM yang lebih berkualitas serta bermoral, dengan standar minimal berpendidikan dasar, pondok pesantren sendiri dituntut untuk lebih meningkatkan perannya. Dan juga dituntut untuk memiliki kreativitas, baik dalam hal pengembangan bahan ajar maupun metodologi pengajarannya, agar pendidikan yang dilakukan dapat bermutu dan menarik minat para santri sebagai peserta didik. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut maka perlu adanya suatu sistem pendidikan yang tidak hanya menitikberatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) namun juga membekali siswa didik tentang iman dan taqwa {IMTAQ).
Berdasarkan beberapa latar belakang tersebut di atas Pengurus Lembaga Pondok Pesantren “Besuk” Besuk-Kejayan-Pasuruan telah berketetapan hati untuk senantiasa mengelola bidang pendidikan dan keagamaan serta meningkatkan kwalitas murid secara profesional. Dalam mewujudkan program ini kami telah berencana untuk menambah penyediaan layanan informasi berupa penyediaan kitab-kitab dan buku-buku yang dapat dikoleksi diperpustakaan yang berfungsi sebagai bahan referensi, dan sebagai penyebaran informasi lebih lengkap mengingat layanan informasi merupakan satu hal yang tidak bisa dihindarkan akan masuk ke dalam proses perkembangan santri
Dalam memberikan layanan informasi perpustakaan kami telah menunjuk seorang pustakawan yang mengerti dan paham akan bidang kerja/bidang yang ditangani oleh lembaga pondok pesantren Besuk. Hal ini akan mempermudah perpustakaan dalam memberikan apa yang menjadi tuntutan dan kebutuhan santri.
Dalam konteks inilah lembaga Pondok Pesantren “Besuk” Besuk Kejayan Pasuruan memohon kepada Pimpinan PT Nestle untuk turut serta membantu dalam mewujudkan program Peningkatan Pendidikan santri dengan memberi bantuan kitab-kitab dan buku referensi yang bisa dikoleksi di perpustakaan

 Sekianlah wacana tentang proposal kaami mogah bermanfaat jika anda ingin mengambil file proposalnya klik di sini
 

0 Response to "PROPOSAL PENGADAAN KITAB PERPUSTAKAAN PONDOK PESANTREN BESUK BESUK KEJAYAN PASURUAN"