Mempercepat komputer dengan cara melapangkan ruang hardisk

Guys Pernahkah anda merasakan kalau komputer yang biasa digunakan semakin hari terasa semakin melambat? lalu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja komputer?
Ada banyak penyebab melambatnya kinerja suatu komputer untuk memenuhi kebutuhan dan salah satunya adalah karena kapasitas ruang penyimpanan file di hardisk yang semakin menipis. Apabila memang ini yang menjadi penyebab, tentu saja Anda mesti 'membersihkan' hardisk dengan 'membuang' file-file yang tidak begitu dibutuhkan.

Lalu, apakah sekarang Anda bisa mulai dengan memilih file-file mana dari sekian ratus, sekian ribu, atau sekian juta file yang mungkin ada di hardisk Anda?HHaaaaa  tentunya akan sangat merepotkan sekali bukan? tapi jangan khawatir.......!!!
Windows sudah menyediakan fasilitas untuk membersihkan hardisk dari file-file yang dicurigai dapat menguras kapasitas hardisk Anda. Anda dapat memilih jenis file mana saja yang akan dihapus dan mana yang akan tetap digunakan. Mengenai keamanannya, jangan khawatir menghapus file-file menggunakan fasilitas ini aman untuk sistem operasi Windows yang Anda gunakan.
Fasilitas untuk melapangkan ruang hardisk tersebut, tersedia di dalam sistem operasi Windows dengan nama Disk Cleanup. Fasilitas ini akan melakukan identifikasi file-file apa saja yang dapat dihapus dengan aman, dan juga memungkinkan Anda untuk memilih salah satunya, sebagian atau seluruhnya untuk dihapus.
Kelompok file-file yang dapat dihapus oleh Disk Cleanup yaitu:

  • File-file yang ada di temporary Internet Files; biasanya jenis file-file yang ada disini bisa memakan banyak ruang di hardisk, karena browser yang Anda gunakan untuk mengakses internet secara otomatis yang menyimpan file-file setiap halaman web yang dikunjungi. Jadi semakin sering mengunjungi Website, maka akan semakin banyak pula file-file yang akan disimpan.
  • File-file program hasil download seperti Microsoft ActiveX Controls dan Java AppletsFile-file di
  • Recycle Bin; file-file yang Anda hapus dari hardisk dengan menggunakan tombol DEL, sebenarnya tidak benar-benar dibuang dari hardisk. File-file tersebut masih tetap menggunakan ruang hardisk dan disimpan di suatu tempat yang disebut dengan Recycle Bin. Anda dapat menghapus file-file ini apabila yakin tidak akan menggunakannya kembali.
  • File-file yang ada di Windows Temporary Files; seperti file-file report dari berbagai jenis error yang pernah muncul.
  • Anda juga dapat menghilangkan penggunaan beberapa Windows Component yang tidak pernah Anda gunakan.
  • Program-program atau aplikasi yang pernah Anda install tetapi jarang atau tidak pernah digunakan.
  • Restore points dan Shadow Copies yang ada di System Restore; berupa file-file yang disimpan oleh Windows pada waktu-waktu tertentu. Apabila system Windows mengalami kerusakan, jenis file ini dapat Anda gunakan untuk mengembalikan System Windows ke kondisi semula sebelum terjadi kerusakan. Kecuali untuk alasan tertentu, pada dasarnya Anda hanya memerlukan Restore Points pada waktu yang terbaru saja, jadi Anda dapat menghapus Restore Points pada waktu-waktu yang lain.
Pengguna Windows dapat memanfaatkan fasilitas Disk Cleanup dengan cara:
  1. Dari START, klik All Programs, klik Accessories, lanjutkan dengan klik System Tools, kemudian pilih Disk Cleanup. Apabila menggunakan beberapa Drives Hardisk, Anda dapat memilih dari Drive mana saja yang akan dihapus.
  2. Pada Kotak Dialog Windows, Anda dapat memilih jenis kelompok file mana yang akan dihapus dengan memberi tanda 'Cek'.
sekian dulua yach guys tips, komen aja guys klw butuh tips yang lain.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mempercepat komputer dengan cara melapangkan ruang hardisk"