RPP Ruang sampel


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                : Matematika
Kelas/Semester                : XI IPS / Ganjil
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 Menit


STANDAR KOMPETENSI        :
Menggunakan aturan statistik, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR :
1.4 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
INDIKATOR                             :
Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan

I.                    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menunjukkan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
·         Siswa dapat menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan
·         Siswa mendefinisikan ruang sampel dan titik sampel
·         Siswa mendefinisikan kejadian

II.                  Materi Pembelajaran             :
·         Peluang suatu Kejadian
·         Ruang sampel dan Titik Sampel
·         Kejadian

III.                Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran              : PMRI
Metode                                    : Inquiri dan  Diskusi

IV.                Langkah – Langkah :
No
AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
A
Kegiatan awal (10’)

1.      Membuka Pelajaran

Apersepsi :
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan : santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan disiplin, rajin)

Motivasi :
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
2.      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
 dan Informasi mengenai bentuk  aktivitas yang akan dilakukan peserta didik sehubungan dengan model Pembelajaran yang akan dilaksanakan



Mendengarkan dan memperhatikan guru

Membentuk kelompok (3-5 orang)

Setiap ketua kelompok mengambil LKS
B
Kegiatan Inti (60’)

Tahap 1 :  Eksplorasi

Mmenberikan stimulus berupa pemberian materi presentasi  
Mengajukan masalah yang ada di LKS
Mempelajari masalah tersebut
Mendiskusikannya, berkomunikasi lisan
Membahas masalah

Tahap 2 : Elaborasi

Meminta peserta didik  berdiskusi Menyelesaikan LKS
Membimbing peserta didik mengumpulkan informasi untuk menyelesaikan pemecahan masalah
Menyampaikan ide-ide dalam kelompoknya sendiri cara menyelesaikan masalah dengan menghubungkan pengetahuan yang telah dipelajarinya terdahulu
Mengumpulkan informasi tahapan penyelesaian masalah
Menyelesaikan tugas secara kelompok


Tahap 3 : Konfirmasi

Memberikan umpan balik dengan penguatan
Mengkonfirmasi hasil pekerjaan
Memberikan motivasi kepada siswa kurang/belum bisa
 
Mempresentasikan pekerjaan dimuka kelas
Memfasilitasi untuk refleksi pekerjaan temannya

C
Penutu (20 Menit)

1.      Kesimpulan :


Membimbing peserta didik dalam menyimpulkan materi pembelajaran
Evaluasi,  Menyelesaikan soal-soal dirumah
Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.

Menyimpulkan materi dengan bimbingan guru
Dan
Refleksi bersama guru terhadap kegiatan yang sudah dilakukan

V.                  Sumber belajar / Bahan /Alat
Alat : Infocus dan Laptop, Alat peraga
Sumber Belajar : LKS, Buku paket siswa

VI.                Penilaian
Teknik/Jenis Tagihan        : Tes tertulis
Bentuk                   : Essay/Uraian

Rublik soal dan penskoran :
No
Rublik Soal
Kunci/Rublik Penskoran
1
Sebutkan Definisi :
Ruang sampel
Titik sampel
10
2
Pelemparan dua Buah Uang logam lima ratusan, Tentukan :
a.      Ruang sampel
b.      Banyak titik sampel
15
3
Pelemparan Uang logam lima ratusan dan sebuah dadu,
Tentukan :
a.      Ruang sampel
b.      Banyak titik sampel
20
4



25

Skor jawaban Maksimum
100


 Mengetahui                                                                           Pangkalan Balai, Mei  2012
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bidang Studi



Sulaiman, S.Pd., M.Si                                                             Media Harja, SPd

0 Response to "RPP Ruang sampel"