Home » » CONTOH PROPOSAL PENINGKATAN BELAJAR SISWA (PTK MATEMATIKA )

CONTOH PROPOSAL PENINGKATAN BELAJAR SISWA (PTK MATEMATIKA )

Written By Andy Dfive on Senin, Juni 25, 2012 | Senin, Juni 25, 2012


Hopkins mengemukakan: Berkaitan dengan isu-isu seputar profesionalisme praktek dikelas, control social terhadap guru, serta kemanfaatan penelitian pendidikan dari segi profesionalisme, penelitian kelas yang dilakukan oleh guru dipandang sebagai satu untuj kerja seorang guru yang professional karena studi sistematik yang dilakukan terhadap diri sendiri dianggap sebagai tanda (hall mark) dari pekerjaan guru yang professional. (Wardhani, dkk, 2009 : 1.11)
Guru dianggap paling tepat melakukan PTK karena guru mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya, temuan penelitian sering diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran, guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya, interaksi guru siswa berlangsung secara unik, serta keterlibatan guru Dallam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru mampu melakukan penelitian di kelasnya.
Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD) sampai saat ini masih jauh apa yang kita harapkan. Meski diakui bahwa pendidikan adalah invetasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukupbesar, tetapi sampai saat ini Indonesia masiih berkutat pada problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana harus diawali.
Sebagaimana tercantum dalam tujuan Pendidikan Nasional; “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
Berdasarkan pengalaman penulis pada waktu menyelenggarakan pembelajaran matematika di kelas 1 SD pagaden 1 pada hari Senin tanggal 25 Oktober 2010 tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 ternyata 8 siswa dari 20 siswa  (40%) masih dibawah KKM (65). Dalam proses pembelajaran pun terlihat siswa kurang aktif, kurang memperhatikan pelajaran, nilai yang dicapai siswa kurang memuaskan (dibawah rata-rata), pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika rendah.
Setelah penulis melakukan refleksi, penyebab permasalahan itu muncul, mungkin saya dalam menjelaskan menggunakan bahasa yang terlalu tinggi, penjelasan saya terlalu cepat, cara mengajar saya tidak menarik, kurang memberikan contoh yang mudah dipahami siswa, kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan penjumlahan dan pengurangan seperti yang dicontohkan, dan tidak menggunakan alat peraga.
Dari banyaknya permasalahan di kelas tidak mungkin dapat terselesaikan dalam waktu  yang bersamaan oleh karena itu peneliti akan memprioritaskan perbaikan pembelajaran pada peningkatan pemahaman siswa, mengaktifkan siswa menggunakan alat peraga, mendisiplinkan siswa agar memperhatikan pembelajaran sehingga mampu meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika.
Permasalahan diatas jika dibiarkan akan menghambat pada tercapainya tujuan pembelajaran, dengan demikian perlu diterapkan suatu strategi pembelajaran yang membantu guru menghubungkan materi yang diajarkan melalui metode demonstrasi dengan diimbangi bentuk kegiatan lainnya. Dengan strategi ini, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan aktif bertanya (mengalami), bukan transfer pengetahuan dari guru kke siswa. Strategi atau proses pembelajaran lebih dipentingkan guna mencapai hasil yang optimal. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan perbaikan pembelajaran dengan Penelitian Tindakan Kelas yang dirumuskan dengan judul “Meningkatkan pemahaman siswa kelas 1 SD Pagaden 1 kecamatan Pagaden kabupaten Subang tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika

Ini nich Updatean tebaru dlam weblog saya, jika saudara ingin membuat proposal banyak ko dalam weblog saya contoh2nya tinggal di unggah dan di editing saja saudara, lihat aja dalam web blog di linknya


untuk mengunggah file proposal di atas klik aja link di atas ini...!!!

Test Footer

Random post


Rank



Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Personal Blogs
Personal directory
W3 Directory - the World Wide Web Directory
My Ping in TotalPing.com


http://andydfiveband.blogspot.com/2013/07/skripsi-pendidikan-agama-peranan-orang.html

Networked Blogs

Followers

Popular Posts