Home » » Contoh Proposal Bisnis - Budidaya Jamur Tiram

Contoh Proposal Bisnis - Budidaya Jamur Tiram

Written By Andy Dfive on Jumat, Juni 22, 2012 | Jumat, Juni 22, 2012

Pendahuluan
Jamur sebagai salah satu jenis pangan yang sudah dikenal oleh masyarakat sejak zama dahulu, khususnya masyarakat pedesaan, kini mulai populer dan digemari oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk di daerah perkotaan. Bahkan dibeberapa restoran menjadi menu pavorit yang sangat dicari consumen.
Dari sekian banyak jenis jamur yang kita kenal, jamur tiram adalah yang paling memasyarakat dan digemari oleh seluruh lapisan dari tingkat bawah hingga menengah keatas. Hal ini mendorong para pelaku usaha untuk terjun di dunia bisnis jamur tiram karena hingga saat ini suplay barang belum sepenuhnya memenuhi permintaan pasar. Terlebih lagi bila ada permintaan export, para petani jamur sangat kerepotan untuk memenuhi permintaan yang begitu tinggi. Kondisi ini tentu saja membuka peluang yang begitu luas bagi siapa saja yang berminat menekuni usaha budi daya jamur tiram ini.
Disisi lain, tidak semua orang dapat dengan mudah menjalankan usaha budi daya jamur tiram. Hal ini disebabkan karena pelaku usaha harus memiliki skil dan ketrampilan yang memadai terkait dengan teknik budidaya yang begitu rumit dan banyak tahapan yang harus dilewati. Hal ini menjadi salah satu sebab tidak banyak orang yang bergelut di bisnis ini. Selain itu juga dibutuhkan pengalaman dan jaringan yang luas untuk bisa sukses di bisnis ini.
Bagi para pemilik modal yang ingin menginvestasikan dananya dalam usaha yang real, budi daya jamur tiram ini bisa menjadi pilihan. Dibandingkan deposito di bank atau sejenisnya, investasi ini jauh lebih meberikan keuntungan. Para pelaku usaha di bisnis ini biasanya membuka diri bagi siapapun yang ingin menanamkan modal dengan system bagi hasil.
Peluang Usaha
Dalam dunia bisnis, sudah menjadi hukum ekonomi, bahwa antara suplay dan permintaan itu berpengaruh kepada harga. Suplay menurun, permintaan meningkat otomatis harga meningkat. Begitupula sebaliknya. Hal ini terjadi pula pada komoditi jamur tiram. Uniknya, untuk jamur tiram suplay meningkat dan permintaan menurun itu hanya terjadi saat lebara (hari raya Idul Fitri). Sedangkan diluar itu yang terjadi permintaan lebih besar dari suplay barang. Setidaknya meskipun ada peningkatan suplay barang, harga relative tetap setabil.
Disamping itu, seiring perkembangan teknologi dan daya kreativitas manusia, penjualan jamur tiram tidak hanya berbentuk jamur segar untuk sayuran, akantetapi sekarang sudah ada berbagai jenis panganan yang dibuat dari bahan dasar jamur tiram, seperti keripik jamur, jamur kripsi dan lain-lain. Ini akan menjadi solusi alternative untuk memanfaatkan jamur ketika tejadi overload produksi. Khususnya pada saat hari raya Idul Fitri.
Dengan demikian sejauh ini pemasaran jamur tiram masih tergolong lancar tanpa hambatan yang berarti.


Ini nich Updatean tebaru dlam weblog saya, jika saudara ingin membuat proposal banyak ko dalam weblog saya contoh2nya tinggal di unggah dan di editing saja saudara, lihat aja dalam web blog di linknya

untuk mengunggah file proposal di atas klik aja link di atas ini...!!!

Test Footer

Random post


Rank



Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Personal Blogs
Personal directory
W3 Directory - the World Wide Web Directory
My Ping in TotalPing.com


http://andydfiveband.blogspot.com/2013/07/skripsi-pendidikan-agama-peranan-orang.html

Networked Blogs

Followers

Popular Posts