Bagaimana menjalankan sistem operasi Chrome dari USB Drive


Chrome Saat ini sistem operasi Chrome dari Google masih dalam tahap pengembangan tapi beberapa orang sudah berhasil menjalankannya baik itu melalui mesin virtual ataupun melalui USB Drive. Seperti yang dilakukan oleh orang-orang di Engadget yang mampu mem-boot Chromium OS -- versi open source dari nanti yang akan menjadi Chrome OS -- ke sebuah USB stick di netbook Dell Vostro A90.
Disk bootable USB berdasarkan Chromium OS build dari pengguna Twitter Hexxeh, yang telah menyiapkan sebuah website dimana kita bisa melihat petunjuk bagaimana membuat bootable USB dan menjalankannya.
Dan jika kita penasaran ingin menjalankan sistem operasi Chromium maka dibawah ini langkah-langkahnya:

Dapatkan Torrentnya
Sebelum kita memulai sesuatu, maka kita terlebih dahulu harus mendownload Chromium OS Build buatan Hexxeh. Kita dapat menemukan link torrent di  Website milik Hexxeh atau kita dapat menggunakan link mirror yang bisa ditemukan di sini dan di sini.

Siapkan Flash Disk
Hexxeh memiliki petunjuk mudah untuk menuliskan image Chromium OS ke flash disk. Petunjuk untuk Windows dan Linux terlihat tidak membingungkan tapi bagi pengguna Mac terlihat sedikit rumit.


Permasalahan Hardware
Karena Chrome masih dalam tahap pengembangan maka kita akan menemukan kendala dengan hardware dan untuk itu Google telah membuat daftar perangkat yang dapat berjalan di OS Chromium. Daftar perangkat ini sebenarnya ditujukan bagi para pengembang namun tak ada salahnya kita melihatnya sehingga dapat terlihat apakah netbook kita termasuk perangkat yang sudah didukung atau tidak.

Booting dari USB
Setelah menyiapkan komputer dan selesai mendownload serta menuliskan image ke flash disk maka sekarang saatnya untuk membooting komputer dari USB. Seting BIOS agar ketika start dapat langsung membooting dari USB.



0 Response to "Bagaimana menjalankan sistem operasi Chrome dari USB Drive"