Mobil Bisa Berubah Warna Dalam Sekejap dengan Cat Thermochromi

Cat termokromik, Warna Sesuai Dapat Mengubah Suhu - Tidak hanya bunglon yang bisa berubah warna, dunia otomotif juga berkecamuk tentang cat yang bisa berubah warna sesuai dengan suhu. Cat termokromik adalah cat yang sedang bekerja dengan Platinum Motorsport bengkel modifikasi. Cat ini bukan sembarang cat biasa, cat diklaim mampu berubah warna sesuai dengan suhu ruangan.

Mobil Bisa Berubah Warna Dalam Sekejap dengan Cat Thermochromi

Sebelumnya memang sudah muncul sebuah cat bunglon yang beredar di pasaran, cat tersebut bisa merubah warna tergantung dari peredaran cahaya dan posisi melihat. Tetapi untuk cat thermochromic ini, bisa berubah-ubah menyesuaikan diri dengan suhu yang ada di kendaraan. Warna yang ditampilkan pun sifatnya solid, tidak hanya sekedar siluet saja. Cat ini pun diklaim bisa memiliki daya tahan sama dengan cat pada umumnya.

Menurut penjelasan Iksan Talib selaku pemilik bengkel, “Cat thermochromic ini ketahanannya belum pernah teruji betul. Tapi, saya yakin ketahanannya serupa dengan cat mobil biasa”, jelas Iksan.

Konstruksi awal dari cat yang unik ini dimulai dari keinginan untuk mencoba untuk memodifikasi mobil dengan cara yang baru. Untuk proses itu sendiri, kesulitan yang dialami adalah ketika lukisan. Dimana cat cair harus kondisi dingin. Cat cair harus keluar dari kulkas untuk cat semprot tertutup sempurna. Sementara cat masih dingin, langsung dituangkan ke dalam pistol cat semprot kemudian disemprotkan. Setelah cat panas lagi, kemudian cat harus dimasukkan kembali ke dalam lemari es. Proses ini memakan waktu sekitar 35-45 hari.

Dengan keahlian yang dimilikinya, Iksan berani mematok dengan harga tinggi bagi konsumen yang ingin mengaplikasikan mobilnya dengan thermochromic. Iksan memberikan harga Ro 45 juta untuk mobil yang ingin dimodifikasi dengan cat unik tersebut. Harga tersebut sudah termasuk ke dalam repaint. Pilihan warna yang disediakan pun bisa tergantung keinginan konsumen, menurut Iksan semua warna bisa diaplikasikan. Tetapi untuk pilihan colour shifternya atau warna pengganti yang muncul ketika udara di sekitar mobil di bawah 30 derajat celcius cuma ada disediakan dengan warna hitam, biru, merah, putih dan ungu saja. 

0 Response to "Mobil Bisa Berubah Warna Dalam Sekejap dengan Cat Thermochromi "